Pages

Minggu, 06 Februari 2011

Munajat



Oleh Buya Hamka

Ilahi! 
               
Sudah kudengar segala seruan yang disampaikan kepadaku, maka timbullah minat dalam hatiku hendak mengerjakan seruanMu, perintah untuk kebahagiaanku. Aku mengaku bahwa semuanya untuk kemaslahatan dan kesucianku. Tetapi kedha’ifan dan kelemahanku selalu mendorongku ke jalan yang tidak Engkau sukai.

Tuhanku! Dosa yang aku kerjakan, amat kecil bila dibandingkan dengan besarnya ampunanMu. Kalau Tuhan hendak mencelakakanku, gelap jalan yang aku tempuh, dan tak seorang pun yang kuat kuasa mempertahankan aku. Kalau Tuhan hendak member aku malu, maka terbukalah rahasiaku, walaupun bagaimana aku menyembunyikannya. Karena itu , ya Tuhanku, sempurnakan awal hikmatMu sampai ke ujungnya, dan jangan Tuhan cabut apa yang telah diberikan.

Ya Tuhan yang telah member aku pakaian cinta, yang selamanya tiada luntur dan usang.

Tuhan yang menjaga aku di dalam perjalanan dan diam, berilah aku sedikit cahayapun jadilah, dari NurMu!

Dengan ingat akan Engkau, oh Tuhanku, aku beroleh nikmat. Orang yang berjalan di luar garisMu, tersesat dan terpencil.

Aku yakin keluasan ilmuMu. Engkau tahu apa yang tersimpan di hatiku.

Ilahi! Amat banyak kesalahanku, aku sia-sia dan lalai; padahal anugerahMu meliputi diriku.

Aku sembunyikan dosaku dari mata makhluk, padahal Engkau selalu melihat dan memperhatikannya. Dalam pada itu, Tuhan sedia pula mengampuni.

Demi kebesaranMu! Sejahat-jahat makhlukMu, tidak ada yang tak merasa jahat kejahatannya yang dikerjakannya. Tetapi dia lemah dan dungu sebab itu Engkau ampuni dia.

Aku ini dungu hai Tuhan, ampuni aku !

Sengaja ditulis ulang agar kembali menyadarkan kita betapa luasnya pengampunan Tuhan dan masih ada kesempatan juga masih besar peluang untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat,
Sakinah Fithriyah.

0 komentar:

Posting Komentar

komen dari anda akan sangat membantu proses pembelajaran saya :)